Secara khusus Profil Desa dan Profil Kelurahan sebagai alat pendataan Desa/Kelurahan merupakan kumpulan data komprehensif (multi sektoral), yang diharapkan dapat mengakomodasikan kebutuhan data bagi pemanfaat data. Data atau informasi Profil Desa dan Profil Kelurahan akan membantu Dinas/Sektor/Instansi dan masyarakat dalam melaksanakan program-program pembangunan secara cepat dan sesuai dengan kebutuhan Desa/Kelurahan masing-masing.

Kegiatan-kegiatan yang dapat mendorong desa untuk maju dapat diwujudkan melalui pembinaan baik dari instansi pemerintah maupun dari pihak swasta yang tidak mengikat. Selain dari pada itu untuk mengukur tingkat keberhasilan dapat dilihat pada data yang ada di desa. Partisipasi masyarakat sangat diperlukan dalam suatu wilayah karena masyarakat bertindak sebagai subyek pembangunan, bukan lagi sebagai obyek pembangunan. Oleh karena itu dengan keterlibatan masyarakat dalam pembangunan dapat memperlancar keberhasilan desa menuju yang lebih baik.

Begitu pula dengan ketersediaan data merupakan salah satu aspek penting dalam perencanaan pembangunan. Permasalahan selama ini, perhatian pemerintah dan pemerintah daerah dalam menyediakan data cenderung belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari berbagai permasalahan yang timbul oleh karena keakuratan data yang dipresentasikan seperti kasus penerimaan IDT, BLT ataupun DPT.

 

-----------------------------------

referensi : http://dinpmd.slemankab.go.id/2017/08/penyusunan-profil-desa/

KOMENTAR