Pemerintah Desa Sidoluhur dalam hal ini Seksi Kesejahteraan melaksanakan salah satu program pembinaan kemasyarakatan yakni pembinaan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A). Acara ini berlangsung pada Hari Rabu Tanggal 4 Oktober 2017 Pukul 20.00 WIB di Balai Pertemuan Kantor kepala Desa Sidoluhur. Dalam pembinaan ini, hadir selaku narasumber adalah Nur Hayati, S.P.,M.Pt dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) BP4 Kecamatan Godean. Berikut narasi dari kesimpulan yang kami tulis.

Dalam meningkatkan produksi dan produktivitas komoditas pertanian terutama padi sawah, air merupakan salah satu faktor penentu dalam proses produksi pertanian. Dalam memenuhi kebutuhan air untuk keperluan berbagai keperluan usaha tani, maka air harus tersedia dalam jumlah, waktu dan mutu yang tepat. Jika tidak maka tanaman akan terganggu pertumbuhannya yang pada gilirannya akan mempengaruhi produksi dan produktivitas suatu kegiatan usaha tani. Sejalan dengan itu sarana yang paling utama mendukung adalah jaringan irigasi yang terkelola dengan baik. Jaringan irigasi adalah prasarana yang sangat vital yang harus dipelihara sehingga dapat meningkatkan produktivitas beberapa jenis tanaman yang diusahai.

Pembangunan di bidang pertanian dalam rangka meningkatkan swasembada pangan dan produksi pertanian lainnya untuk meningkatkan pendapatan petani pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, perlu dudukung oleh kesinambungan kegiatan tata guna air dan jaringan irigasi di tingkat usaha tani secara tepat guna dan berhasil guna.

Hal tersebut harus didukung peran aktif atau partisipasi dari masyarakat petani yang bernaung di dalam suatu wadah organisasi perkumpulan petani pemakai air (P3A). Dimana dengan adanya partisipasi dari organisasi ini segala kebutuhan petani terutama dalam memenuhi kebutuhan air irigasi dapat teratasi dengan baik.

Di dalam perjalanannya organisasi P3A ini diharapkan berperan aktif di dalam mengelola pertanian di daerahnya dan harus selalu mengikuti perkembangan perkembangan terbaru di dalam peningkatan usaha tani. P3A juga harus dapat mengembangkan kemampuan dan organisasinya secara mantap agar dapat mengelola daerah irigasi secara mandiri dan berkelanjutan. Dengan adanya organisasi P3A ini pengelolaan air irigasi menjadi lebih baik dari sebelumnya, sehingga lahan-lahan pertanian dapat terairi sesuai kebutuhannya. Apabila di dalam suatu daerah, jaringan irigasinya sudah tertata dan terkelola dengan baik serta didukung partisipasi organisasi P3A yang mendorong berjalannya peran P3A dengan baik pula, maka diharapkan dapat meningkatkan produksi dan produktivitas lahan dimana hal ini akan mempengaruhi tingkat pendapatan petani.

 

----------------

pustaka : berbagai sumber

 Tag berita : sosial
Penulis :

Fajar Nugroho

Webmaster

KOMENTAR