Pada tanggal 27 s.d. 30 Juni 2019 Pemerintah dan BPD Desa Sidoluhur Godean telah melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Pemerintah dan BPD Desa Sidoluhur. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Karimunjawa Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara. Target dari kegiatan ini adalah peserta dapat memahami pengembangan potensi sumber daya alam yang dapat dikelola oleh Desa. 

Pada hari Jumat tanggal 28 Juni 2019, peserta berkunjung ke Kantor Petinggi Karimunjawa ( Kantor Kepala Desa Karimunjawa) untuk bertukar pengalaman dan ilmu. Dalam kunjungan tersebut hadir Petinggi, Carik dan Modin yang memberikan wawasan tentang pengembangan potensi wisata di desa ini. Desa Karimunjawa sendiri memang menjadi destinasi wisata yang telah mendunia. Pemerintah Desa Karimunjawa sangat ketat dalam pemeliharaan ekosistem perairan. Pemeliharaan ini diejawantahkan sebagai salah satu unsur kebudayaan sehingga dapat menurun dari generasi ke generasi.

Contoh dari pemeliharaan tersebut antara lain adalah kebersihan perairan termasuk penjagaan struktur terumbu karang dibawah permukaan air laut. Setiap guide atau pemandu wisata pasti akan memberikan arahan kepada setiap turis atau wisatawan agar senantiasa menjaga kebersihan dan kekuatan terumbu karang. 

Pemerintah Desa Karimunjawa juga memilki Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) yang bernama BUMDES Bahari. Beberapa unit usaha dari BUmdes ini mendukung terciptanya kondisi pariwisata yang nyaman dan aman. Contoh adalah penyewaan kendaraan pariwisata yang menjadi kebutuhan wisatawan untuk menjelajah pulau atau desa ini.

 Tag berita : budaya
Penulis :

Fajar Nugroho

Webmaster

KOMENTAR