Kalurahan Sidoluhur

Kap. Godean, Kab. Sleman
Prov. DI Yogyakarta

Loading

Agenda Kalurahan

Tanggal : 09 Juli 2022 09:45:02
Tempat : Indonesia
Koordinator : -

Idul Adha pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah juga dikenal dengan sebuatan “Hari Raya Haji”, dimana kaum muslimin yang sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah. Mereka semua memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit, yang di sebut pakaian ihram, melambangkan persamaan akidah dan pandangan hidup, mempunyai tatanan nilai yaitu nilai persamaan dalam segala segi bidang kehidupan. Tidak dapat dibedakan antara mereka, semuanya merasa sederajat. Sama-sama mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Perkasa, sambil bersama-sama membaca kalimat talbiyah.

Disamping Idul Adha dinamakan hari raya haji, juga dinamakan “Idul Qurban”, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT. (Baca juga: Pengertian Qurban Secara Lengkap dengan Penjelasannya).

Jika kita menengok sisi historis dari perayaan Idul Adha ini, maka pikiran kita akan teringat kisah teladan Nabi Ibrahim, yaitu ketika Beliau diperintahkan oleh Allah SWT untuk menempatkan istrinya Hajar bersama Nabi Ismail putranya, yang saat itu masih menyusu. Mereka ditempatkan disuatu lembah yang tandus, gersang, tidak tumbuh sebatang pohon pun. Lembah itu demikian sunyi dan sepi tidak ada penghuni seorangpun. Nabi Ibrahim sendiri tidak tahu, apa maksud sebenarnya dari wahyu Allah yang menyuruh menempatkan istri dan putranya yang masih bayi itu, ditempatkan di suatu tempat paling asing, di sebelah utara kurang lebih 1600 KM dari negaranya sendiri palestina. Tapi baik Nabi Ibrahim, maupin istrinya Siti Hajar, menerima perintah itu dengan ikhlas dan penuh tawakkal.

Karena pentingnya peristiwa tersebut. Allah mengabadikannya dalam Al-Qur’an:

رَّبَّنَا إِنِّي أَسْكَنتُ مِن ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِندَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُواْ الصَّلاَةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِّنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُم مِّنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ

Ya Tuhan kami sesunggunnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di suatu lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumahmu (Baitullah) yang dimuliakan. Ya Tuhan kami (sedemikian itu) agar mereka mendirikan shalat. Maka jadikanlah gati sebagia manusia cenderung kepada mereka dan berizkilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur. (QS Ibrahim: 37)

Seperti yang diceritakan oleh Ibnu Abbas bahwa tatkala Siti Hajar kehabisan air minum hingga tidak biasa menyusui nabi Ismail, beliau mencari air kian kemari sambil lari-lari kecil (Sa’i) antara bukit Sofa dan Marwah sebanyak 7 kali. Tiba-tiba Allah mengutus malaikat jibril membuat mata air Zam Zam. Siti Hajar dan Nabi Ismail memperoleh sumber kehidupan.

Lembah yang dulunya gersang itu, mempunyai persediaan air yang melimpah-limpah. Datanglah manusia dari berbagai pelosok terutama para pedagang ke tempat siti hajar dan nabi ismail, untuk membeli air. Datang rejeki dari berbagai penjuru, dan makmurlah tempat sekitarnya. Akhirnya lembah itu hingga saat ini terkenal dengan kota mekkah, sebuah kota yang aman dan makmur, berkat do’a Nabi Ibrahim dan berkat kecakapan seorang ibu dalam mengelola kota dan masyarakat. Kota mekkah yang aman dan makmur dilukiskan oleh Allah kepada Nabi Muhammad dalam Al-Qur’an:

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَـَذَا بَلَداً آمِناً وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آمَنَ مِنْهُم بِاللّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ

Dan ingatlah ketika Ibrahim berdo’a: “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini, sebagai negeri yang aman sentosa dan berikanlah rizki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kiamat.” (QS Al-Baqarah: 126)

 

Dari ayat tersebut, kita memperoleh bukti yang jelas bahwa kota Makkah hingga saat ini memiliki kemakmuran yang melimpah. Jamaah haji dari seluruh penjuru dunia, memperoleh fasilitas yang cukup, selama melakukan ibadah haji maupun umrah.

Hal itu membuktikan tingkat kemakmuran modern, dalam tata pemerintahan dan ekonomi, serta kaemanan hukum, sebagai faktor utama kemakmuran rakyat yang mengagumkan. Yang semua itu menjadi dalil, bahwa do’a Nabi Ibrahim dikabulkan Allah SWT. Semua kemakmuran tidak hanya dinikmati oleh orang islam saja. Orang-orang yang tidak beragama Islam pun ikut menikmati.

Allah SWT berfirman:

قَالَ وَمَن كَفَرَ فَأُمَتِّعُهُ قَلِيلاً ثُمَّ أَضْطَرُّهُ إِلَى عَذَابِ النَّارِ وَبِئْسَ الْمَصِيرُ

Allah berfirman: “Dan kepada orang kafirpun, aku beri kesenangan sementara, kemudian aku paksa ia menjalani siksa neraka. Dan itulah seburuk buruk tempat kembali.” (QS. Al-Baqarah: 126)

Idul Adha dinamai juga “Idul Nahr” artinya hari raya penyembelihan. Hal ini untuk memperingati ujian paling berat yang menimpa Nabi Ibrahim. Akibat dari kesabaran dan ketabahan Ibrahim dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan, Allah memberinya sebuah anugerah, sebuah kehormatan “Khalilullah” (kekasih Allah).

Setelah gelar Al-khalil disandangnya, Malaikat bertanya kepada Allah: “Ya Tuhanku, mengapa Engkau menjadikan Ibrahim sebagai kekasihmu. Padahal ia disibukkan oleh urusan kekayaannya dan keluarganya?” Allah berfirman: “Jangan menilai hambaku Ibrahim ini dengan ukuran lahiriyah, tengoklah isi hatinya dan amal baktinya!”

Sebagai realisasi dari firmannya ini, Allah SWT mengizinkan pada para malaikat menguji keimanan serta ketaqwaan Nabi Ibrahim. Ternyata, kekayaan dan keluarganya dan tidak membuatnya lalai dalam taatnya kepada Allah.

Dalam kitab “Misykatul Anwar” disebutkan bahwa konon, Nabi Ibrahim memiliki kekayaan 1000 ekor domba, 300 lembu, dan 100 ekor unta. Riwayat lain mengatakan, kekayaan Nabi Ibrahim mencapai 12.000 ekor ternak. Suatu jumlah yang menurut orang di zamannya adalah tergolong milliuner. Ketika pada suatu hari, Ibrahim ditanya oleh seseorang “milik siapa ternak sebanyak ini?” maka dijawabnya: “Kepunyaan Allah, tapi kini masih milikku. Sewaktu-waktu bila Allah menghendaki, aku serahkan semuanya. Jangankan cuma ternak, bila Allah meminta anak kesayanganku Ismail, niscaya akan aku serahkan juga.”

Ibnu Katsir dalam tafsir Al-Qur’anul ‘adzim mengemukakan bahwa, pernyataan Nabi Ibrahim yang akan mengorbankan anaknya jika dikehendaki oleh Allah itulah yang kemudian dijadikan bahan ujian, yaitu Allah menguji iman dan taqwa Nabi Ibrahim melalui mimpinya yang haq, agar ia mengorbankan putranya yang kala itu masih berusia 7 tahun. Anak yang elok rupawan, sehat lagi cekatan ini, supaya dikorbankan dan disembelih dengan menggunakan tangannya sendiri. Sungguh sangat mengerikan! Peristiwa spektakuler itu dinyatakan dalam Al-Qur’an:

قَالَ يَا بُنَيَّ إِنِّي أَرَى فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانظُرْ مَاذَا تَرَى قَالَ يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ سَتَجِدُنِي إِن شَاء اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ

Ibrahim berkata : “Hai anakkku sesungguhnay aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu “maka fikirkanlah apa pendapatmu? Ismail menjawab: Wahai bapakku kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu. InsyaAllah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.” (QS Aa-saffat: 102)

Ketika keduanya siap untuk melaksanakan perintah Allah, datanglah setan sambil berkata, “Ibrahim, kamu orang tua macam apa kata orang nanti, anak saja disembelih?” “Apa kata orang nanti?” “Apa tidak malu? Tega sekali, anak satu-satunya disembeli!” “Coba lihat, anaknya lincah seperti itu!” “Anaknya pintar lagi, enak dipandang, anaknya patuh seperti itu kok dipotong!” “Tidak punya lagi nanti setelah itu, tidak punya lagi yang seperti itu! Belum tentu nanti ada lagi seperti dia.” Nabi Ibrahim sudah mempunya tekat. Ia mengambil batu lalu mengucapkan, “Bismillahi Allahu akbar.” Batu itu dilempar. Akhirnya seluruh jamaah haji sekarang mengikuti apa yang dulu dilakukan oleh Nabi Ibrahim ini di dalam mengusir setan dengan melempar batu sambil mengatakan, “Bismillahi Allahu akbar”. Dan hal ini kemudian menjadi salah satu rangkaian ibadah haji yakni melempar jumrah.

Ketika sang ayah belum juga mengayunkan pisau di leher putranya. Ismail mengira ayahnya ragu, seraya ia melepaskan tali pengikat tali dan tangannya, agar tidak muncul suatu kesan atau image dalam sejarah bahwa sang anak menurut untuk dibaringkan karena dipaksa ia meminta ayahnya mengayunkan pisau sambil berpaling, supaya tidak melihat wajahnya.

Nabi Ibrahim memantapkan niatnya. Nabi Ismail pasrah bulat-bulat, seperti ayahnya yang telah tawakkal. Sedetik setelah pisau nyaris digerakkan, tiba-tiba Allah berseru dengan firmannya, menyuruh menghentikan perbuatannya tidak usah diteruskan pengorbanan terhadap anaknya. Allah telah meridloi kedua ayah dan anak memasrahkan tawakkal mereka. Sebagai imbalan keikhlasan mereka, Allah mencukupkan dengan penyembelihan seekor kambing sebagai korban, sebagaimana diterangkan dalam Al-Qur’an surat As-Saffat ayat 107-110:

وَفَدَيْنَاهُ بِذِبْحٍ عَظِيمٍ

“Dan kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.”

وَتَرَكْنَا عَلَيْهِ فِي الْآخِرِينَ

“Kami abadikan untuk Ibrahim (pujian yang baik) dikalangan orang-orang yang datang kemudian.”

سَلَامٌ عَلَى إِبْرَاهِيمَ

“Yaitu kesejahteraan semoga dilimpahkan kepada Nabi Ibrahim.”

كَذَلِكَ نَجْزِي الْمُحْسِنِينَ

“Demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.”

Menyaksikan tragedi penyembelihan yang tidak ada bandingannya dalam sejarah umat manusia itu, Malaikat Jibril kagum, seraya terlontar darinya suatu ungkapan “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar.” Nabi Ibrahim menjawab “Laailaha illahu Allahu Akbar.” Yang kemudian dismbung oleh Nabi Ismail “Allahu Akbar Walillahil Hamdu.’

Pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang paling besar dalam sejarah umat umat manusia itu membuat Ibrahim menjadi seorang Nabi dan Rasul yang besar, dan mempunyai arti besar. Peristiwa yang dialami Nabi Ibrahim bersama Nabi Ismail diatas, bagi kita harus dimaknai sebagai pesan simbolik agama, yang mengandung pembelajaran paling tidak pada tiga hal;

Pertama, ketakwaan. Pengertian taqwa terkait dengan ketaatan seorang hamba pada Sang Khalik dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan Nya. Koridor agama (Islam) mengemas kehidupan secara harmoni seperti halnya kehidupan dunia-akherat. Bahwa mereaih kehidupan baik (hasanah) di akhierat kelak perlu melalui kehidupan di dunia yang merupakan ladang untuk memperbanyak kebajikan dan memohon ridho Nya agar tercapai kehidupan dunia dan akherat yang hasanah. Sehingga kehidupan di dunia tidak terpisah dari upaya meraih kehidupan hasanah di akherat nanti. Tingkat ketakwaan seseorang dengan demikian dapat diukur dari kepeduliannya terhadap sesamanya. Contoh seorang wakil rakyat yang memiliki tingkat ketakwaan yang tinggi tentu tidak akan memanfaatkan wewenang yang dimiliki untuk memperkaya dirinya sendiri bahkan orang seperti ini akan merasa malu jika kehiudpannya lebih mewah dari pada rakyat yang diwakilinya. Kesiapsediaan Ibrahim untuk menyembelih anak kesayangannya atas perintah Allah menandakan tingginya tingkat ketakwaan Nabi Ibrahim, sehingga tidak terjerumus dalam kehidupan hedonis sesaat yang sesat. Lalu dengan kuasa Allah ternyata yang disembelih bukan Ismail melainkan domba. Peristiwa ini pun mencerminkan Islam sangat menghargai nyawa dan kehidupan manusia, Islam menjunjung tinggi peradaban manusia.

Kedua, hubungan antar manusia. Ibadah-ibadah umat Islam yang diperintahkan Tuhan senantiasa mengandung dua aspek tak terpisahkan yakni kaitannya dengan hubungan kepada Allah (hablumminnalah) dan hubungan dengan sesama manusia atau hablumminannas. Ajaran Islam sangat memerhatikan solidaritas sosial dan mengejawantahkan sikap kepekaan sosialnya melalui media ritual tersebut. Saat kita berpuasa tentu merasakan bagaimana susahnya hidup seorang dhua’afa yang memenuhi kebutuhan poangannya sehari-hari saja sulit. Lalu dengan menyembelih hewan kurban dan membagikannya kepada kaum tak berpunya itu merupakan salah satu bentuk kepedualian sosial seoarng muslim kepada sesamanya yang tidak mampu. Kehidupan saling tolong menolong dan gotong royong dalam kebaikan merupakan ciri khas ajaran Islam. Hikmah yang dapat dipetik dalam konteks ini adalah seorang Muslim diingatkan untuk siap sedia berkurban demi kebahagiaan orang lain khususnya mereka yang kurang beruntung, waspada atas godaan dunia agar tidak terjerembab perilaku tidak terpuji seperti keserakahan, mementingkan diri sendiri, dan kelalaian dalam beribadah kepada sang Pencipta.

Ketiga, peningkatan kualitas diri. Hikmah ketiga dari ritual keagaamaan ini adalah memperkukuh empati, kesadaran diri, pengendalian dan pengelolaan diri yang merupakan cikal bakal akhlak terpuji seorang Muslim. Akhlak terpuji dicontohkan Nabi seperti membantu sesama manusia dalam kebaikan, kebajikan, memuliakan tamu, mementingkani orang lain (altruism) dan senantiasa sigap dalam menjalankan segala perintah agama dan menjauhi hal-hal yang dilarang. Dalam Al Quran disebutkan bahwa Nabi Muhammad memiliki akhlak yang agung (QS Al-Qalam: 4). Dalam Islam kedudukan akhlak sangat penting merupakan “buah” dari pohon Islam berakarkan akidah dan berdaun syari”ah. Segala aktivitas manusia tidak terlepas dari sikap yang melahirkan perbuatan dan tingkah laku manusia. Sebaliknya, akhlak tercela dipastikan berasal dari orang yang bermasalah dalam keimanan merupakan manisfestasi dari sifat-sifat syetan dan iblis.

Dari sejarahnya itu, maka lahirlah kota Makkah dan Ka’bah sebagai kiblat umat Islam seluruh dunia, dengan air zam-zam yang tidak pernah kering, sejak ribuan tahunan yang silam, sekalipun tiap harinya dikuras berjuta liter, sebagai tonggak jasa seorang wanita yang paling sabar dan tabah yaitu Siti Hajar dan putranya Nabi Ismail.

Hikmah yang dapat diambil dari pelaksanaan shalat Idul Adha, bahwa hakikat manusia adalah sama. Yang membedakan hanyalah taqwanya. Dan bagi yang menunaikan ibadah haji, pada waktu wukuf di Arafah memberi gambaran bahwa kelak manusia akan dikumpulkan dipadang mahsyar untuk dimintai pertanggung jawaban.

 

sumber : https://jabar.kemenag.go.id/portal/read/mimbar-dakwah-sessi-7-sejarah-dan-makna-idul-adha

Beri Komentar

Kalurahan

5.174

LAKI-LAKI

5.174LAKI-LAKI penduduk

5.211

PEREMPUAN

5.211PEREMPUAN penduduk

10.385

TOTAL

10.385TOTAL penduduk

Layanan
Mandiri

Hubungi Pamong Kalurahan untuk mendapatkan PIN

Pamong Kalurahan

Lurah

Hernawan Zudanto, SE

Carik

Fajar Nugroho, S.P.,M.Kom.

Kaur Danarta

Fedika Arga Rengga, S.Pd.

Kaur Pangripta

Galang Wiradilaga, S.Or.

Jagabaya

Adi Arya Pradana, S.E.

Ulu-Ulu

Nur Hidayat, S.A.P.

Kamituwa

Wahyu Rahmadani, S.Pd.

Dukuh Sokonilo

Muryono

Dukuh Berjo Kulon

Sugiharta

Dukuh Berjo Kidul

Agus Tri Handoko

Dukuh Berjo Wetan

Tri Santoso

Dukuh Ngabangan

RIYAN ARDIYAN YOGA PRATAMA

Dukuh Jowah

M. Asmadi

Dukuh Pandean

Basiran

Dukuh Kunden

Parwata

Dukuh Gatak

SIDHA RAHMAWAN

Dukuh Dadapan

Widiarta,A.Md

Dukuh Serangan

Syarif Rizka Diaudin, S.M.

Dukuh Tebon

MEGANDI HADMIJUDO

Dukuh Mertosutan

Arif Darmawan,S.Pd.

Dukuh Kragilan

Suratmin

Dukuh Krajan

Iwan Suhandoko

Staf Desa

Sumaryadi

Staf Desa

Yustina Wardani,S.SI.

Staf Desa

Agus Sumarna

Staf Desa

Darmanta,SE.

Staf Desa

Luthfi Adi Sulistyo, S.Ak.

Staf Desa

Nindya Subekti

Penjaga Kantor

Sukoko

Statistik
Statistik Pengunjung
Hari ini:458
Kemarin:313
Total Pengunjung:526.646
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.229.122.112
Browser:Tidak ditemukan
Agenda

Untuk sementara, belum ada agenda yang akan dilaksanakan.

Terdahulu

Pertemuan Rutin PPKBD Desa Sidoluhur

Tgl : 26 Februari 2020 09:30:14
Tempat : Kantor Desa Sidoluhur
Koordinator : Kasi Pelayanan

Terdahulu

Studi Tiru Desa Siaga Sehat Jiwa dari Kabupaten Gunung Kidul

Tgl : 27 Februari 2020 09:00:28
Tempat : Kantor Kepala Desa
Koordinator : Kasi Pelayanan

Terdahulu

Pemantauan Jentik Berkala Padukuhan Berjo Kidul Sidoluhur

Tgl : 29 Februari 2020 07:00:57
Tempat : Rumah Dukuh Berjo Kidul
Koordinator : Kasi Pelayanan

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19 #April

Tgl : 07 April 2020 08:00:36
Tempat : Sokonilo, Berjo Kulon, Berjo Kidul
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19

Tgl : 08 April 2020 08:00:10
Tempat : Berjo Wetan, Ngabangan
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19

Tgl : 09 April 2020 08:00:06
Tempat : Jowah dan Pandean
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19

Tgl : 14 April 2020 08:00:18
Tempat : Kunden, Gatak dan Dadapan
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19

Tgl : 15 April 2020 08:00:32
Tempat : Serangan, Mertosutan dan Tebon
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19

Tgl : 16 April 2020 08:00:58
Tempat : Kragilan dan Krajan
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Pemilihan Kepala Desa Sidoluhur Tahun 2020

Tgl : 20 Desember 2020 10:37:44
Tempat : TPS Padukuhan
Koordinator : Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Sidoluhur Tahu

Terdahulu

Pemilihan Bupati Sleman Tahun 2020

Tgl : 09 Desember 2020 11:01:29
Tempat : TPS Padukuhan
Koordinator : PPS Sidoluhur

Terdahulu

Wafat Isa Almasih

Tgl : 20 Maret 2021 20:02:11
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Kristiani

Terdahulu

Musrenbang Kalurahan Penyusunan RPJMKal 2021-2026

Tgl : 24 Maret 2021 19:30:15
Tempat : Balai Kalurahan Sidoluhur
Koordinator : Pemkal Sidoluhur

Terdahulu

Hari Buruh

Tgl : 01 Mei 2022 00:23:40
Tempat : Indonesia
Koordinator : Buruh

Terdahulu

Kenaikan Isa Almasih

Tgl : 13 Mei 2021 08:25:28
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Kristiani

Terdahulu

Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Tgl : 02 Mei 2022 00:28:58
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Islami

Terdahulu

Pengambilan Blangko / Berkas Pendaftaran

Tgl : 26 April 2021 08:00:03
Tempat : Kantor Kalurahan Sidoluhur
Koordinator :

Terdahulu

Pendaftaran dan pengembalian berkas Calon Pamong Kalurahan

Tgl : 29 April 2021 08:00:37
Tempat : Kantor Kalurahan Sidoluhur
Koordinator :

Terdahulu

Pengumuman Penyaringan / Penelitian Administrasi bakal Calon Pamong Kalurahan

Tgl : 28 Mei 2021 08:00:20
Tempat : Kantor Kalurahan Sidoluhur
Koordinator :

Terdahulu

Pengumuman Bakal Calon yang Berhak Mengikuti Ujian

Tgl : 04 Juni 2021 14:00:55
Tempat : Kantor Kalurahan Sidoluhur
Koordinator :

Terdahulu

Pengarahan Ujian oleh Perguruan Tinggi

Tgl : 07 Juni 2021 19:09:07
Tempat : Kantor Kalurahan Sidoluhur
Koordinator :

Terdahulu

Pelaksanaan Ujian Seleksi Pamong Kalurahan 2021

Tgl : 12 Juni 2021 08:00:27
Tempat : Menyusul
Koordinator :

Terdahulu

Hari Raya Waisak

Tgl : 16 Mei 2022 00:26:45
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Budha

Terdahulu

Hari Raya Idul Adha 1442 H

Tgl : 20 Juli 2021 00:56:24
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Islam

Terdahulu

Tahun Baru Islam 1443 H

Tgl : 10 Agustus 2021 00:51:26
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Islam

Terdahulu

HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia

Tgl : 17 Agustus 2021 09:51:50
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Maulid Nabi Muhammad SAW

Tgl : 19 Oktober 2021 14:11:14
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Islam

Terdahulu

Hari Kesaktian Pancasila

Tgl : 01 Oktober 2021 14:18:47
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Hari Natal

Tgl : 25 Desember 2021 06:02:38
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Tahun Baru 2022 Masehi

Tgl : 01 Januari 2022 00:05:42
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Tahun Baru Imlek

Tgl : 01 Februari 2022 19:07:28
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW

Tgl : 28 Februari 2022 19:11:28
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Hari Raya Nyepi

Tgl : 03 Maret 2022 19:15:01
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Wafat Isa Al Masih

Tgl : 15 April 2022 19:21:25
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Kenaikan Isa Al Masih

Tgl : 26 Mei 2022 09:37:40
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Hari Lahir Pancasila

Tgl : 01 Juni 2022 09:42:02
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Hari Raya Idul Adha 1443 H

Tgl : 09 Juli 2022 09:45:02
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Tahun Baru Hijriyah 1444 H

Tgl : 30 Juli 2022 09:51:26
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia

Tgl : 17 Agustus 2022 09:55:02
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Maulid Nabi Muhammad SAW

Tgl : 08 Oktober 2022 09:59:00
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Muslim

Terdahulu

Hari Raya Natal

Tgl : 25 Desember 2022 10:00:01
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Kristiani

Terdahulu

Pelatihan Pengelolaan BUMKal Luhur Sembada

Tgl : 20 September 2022 09:00:01
Tempat : Balai Kalurahan Sidoluhur
Koordinator : Pemerintah Kalurahan Sidoluhur

Terdahulu

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kalurahan Sidoluhur RKP 2023

Tgl : 19 September 2022 19:30:51
Tempat : Balai Kalurahan Sidoluhur
Koordinator : Pemerintah Kalurahan Sidoluhur

Terdahulu

Gelar Potensi Budaya dan UMKM Sidoluhur Tahun 2022

Tgl : 18 November 2022 11:37:33
Tempat : Balai Kalurahan Sidoluhur
Koordinator : Panitia Gelar Potensi Budaya dan UMKM Sidoluhur

Terdahulu

Musyawarah Tahunan BUMKal Luhur Sembada Sidoluhur

Tgl : 11 April 2023 20:15:47
Tempat : Balai Kalurahan Sidoluhur
Koordinator : BPKal Sidoluhur

Terdahulu

Pembinaan Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan

Tgl : 14 April 2023 16:00:02
Tempat : Balai Kalurahan Sidoluhur
Koordinator : Kamituwo
Statistik Pengunjung
Hari ini:458
Kemarin:313
Total Pengunjung:526.646
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.229.122.112
Browser:Tidak ditemukan
Agenda

Untuk sementara, belum ada agenda yang akan dilaksanakan.

Terdahulu

Pertemuan Rutin PPKBD Desa Sidoluhur

Tgl : 26 Februari 2020 09:30:14
Tempat : Kantor Desa Sidoluhur
Koordinator : Kasi Pelayanan

Terdahulu

Studi Tiru Desa Siaga Sehat Jiwa dari Kabupaten Gunung Kidul

Tgl : 27 Februari 2020 09:00:28
Tempat : Kantor Kepala Desa
Koordinator : Kasi Pelayanan

Terdahulu

Pemantauan Jentik Berkala Padukuhan Berjo Kidul Sidoluhur

Tgl : 29 Februari 2020 07:00:57
Tempat : Rumah Dukuh Berjo Kidul
Koordinator : Kasi Pelayanan

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19 #April

Tgl : 07 April 2020 08:00:36
Tempat : Sokonilo, Berjo Kulon, Berjo Kidul
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19

Tgl : 08 April 2020 08:00:10
Tempat : Berjo Wetan, Ngabangan
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19

Tgl : 09 April 2020 08:00:06
Tempat : Jowah dan Pandean
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19

Tgl : 14 April 2020 08:00:18
Tempat : Kunden, Gatak dan Dadapan
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19

Tgl : 15 April 2020 08:00:32
Tempat : Serangan, Mertosutan dan Tebon
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19

Tgl : 16 April 2020 08:00:58
Tempat : Kragilan dan Krajan
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Pemilihan Kepala Desa Sidoluhur Tahun 2020

Tgl : 20 Desember 2020 10:37:44
Tempat : TPS Padukuhan
Koordinator : Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Sidoluhur Tahu

Terdahulu

Pemilihan Bupati Sleman Tahun 2020

Tgl : 09 Desember 2020 11:01:29
Tempat : TPS Padukuhan
Koordinator : PPS Sidoluhur

Terdahulu

Wafat Isa Almasih

Tgl : 20 Maret 2021 20:02:11
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Kristiani

Terdahulu

Musrenbang Kalurahan Penyusunan RPJMKal 2021-2026

Tgl : 24 Maret 2021 19:30:15
Tempat : Balai Kalurahan Sidoluhur
Koordinator : Pemkal Sidoluhur

Terdahulu

Hari Buruh

Tgl : 01 Mei 2022 00:23:40
Tempat : Indonesia
Koordinator : Buruh

Terdahulu

Kenaikan Isa Almasih

Tgl : 13 Mei 2021 08:25:28
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Kristiani

Terdahulu

Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Tgl : 02 Mei 2022 00:28:58
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Islami

Terdahulu

Pengambilan Blangko / Berkas Pendaftaran

Tgl : 26 April 2021 08:00:03
Tempat : Kantor Kalurahan Sidoluhur
Koordinator :

Terdahulu

Pendaftaran dan pengembalian berkas Calon Pamong Kalurahan

Tgl : 29 April 2021 08:00:37
Tempat : Kantor Kalurahan Sidoluhur
Koordinator :

Terdahulu

Pengumuman Penyaringan / Penelitian Administrasi bakal Calon Pamong Kalurahan

Tgl : 28 Mei 2021 08:00:20
Tempat : Kantor Kalurahan Sidoluhur
Koordinator :

Terdahulu

Pengumuman Bakal Calon yang Berhak Mengikuti Ujian

Tgl : 04 Juni 2021 14:00:55
Tempat : Kantor Kalurahan Sidoluhur
Koordinator :

Terdahulu

Pengarahan Ujian oleh Perguruan Tinggi

Tgl : 07 Juni 2021 19:09:07
Tempat : Kantor Kalurahan Sidoluhur
Koordinator :

Terdahulu

Pelaksanaan Ujian Seleksi Pamong Kalurahan 2021

Tgl : 12 Juni 2021 08:00:27
Tempat : Menyusul
Koordinator :

Terdahulu

Hari Raya Waisak

Tgl : 16 Mei 2022 00:26:45
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Budha

Terdahulu

Hari Raya Idul Adha 1442 H

Tgl : 20 Juli 2021 00:56:24
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Islam

Terdahulu

Tahun Baru Islam 1443 H

Tgl : 10 Agustus 2021 00:51:26
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Islam

Terdahulu

HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia

Tgl : 17 Agustus 2021 09:51:50
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Maulid Nabi Muhammad SAW

Tgl : 19 Oktober 2021 14:11:14
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Islam

Terdahulu

Hari Kesaktian Pancasila

Tgl : 01 Oktober 2021 14:18:47
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Hari Natal

Tgl : 25 Desember 2021 06:02:38
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Tahun Baru 2022 Masehi

Tgl : 01 Januari 2022 00:05:42
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Tahun Baru Imlek

Tgl : 01 Februari 2022 19:07:28
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW

Tgl : 28 Februari 2022 19:11:28
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Hari Raya Nyepi

Tgl : 03 Maret 2022 19:15:01
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Wafat Isa Al Masih

Tgl : 15 April 2022 19:21:25
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Kenaikan Isa Al Masih

Tgl : 26 Mei 2022 09:37:40
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Hari Lahir Pancasila

Tgl : 01 Juni 2022 09:42:02
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Hari Raya Idul Adha 1443 H

Tgl : 09 Juli 2022 09:45:02
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Tahun Baru Hijriyah 1444 H

Tgl : 30 Juli 2022 09:51:26
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia

Tgl : 17 Agustus 2022 09:55:02
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Maulid Nabi Muhammad SAW

Tgl : 08 Oktober 2022 09:59:00
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Muslim

Terdahulu

Hari Raya Natal

Tgl : 25 Desember 2022 10:00:01
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Kristiani

Terdahulu

Pelatihan Pengelolaan BUMKal Luhur Sembada

Tgl : 20 September 2022 09:00:01
Tempat : Balai Kalurahan Sidoluhur
Koordinator : Pemerintah Kalurahan Sidoluhur

Terdahulu

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kalurahan Sidoluhur RKP 2023

Tgl : 19 September 2022 19:30:51
Tempat : Balai Kalurahan Sidoluhur
Koordinator : Pemerintah Kalurahan Sidoluhur

Terdahulu

Gelar Potensi Budaya dan UMKM Sidoluhur Tahun 2022

Tgl : 18 November 2022 11:37:33
Tempat : Balai Kalurahan Sidoluhur
Koordinator : Panitia Gelar Potensi Budaya dan UMKM Sidoluhur

Terdahulu

Musyawarah Tahunan BUMKal Luhur Sembada Sidoluhur

Tgl : 11 April 2023 20:15:47
Tempat : Balai Kalurahan Sidoluhur
Koordinator : BPKal Sidoluhur

Terdahulu

Pembinaan Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan

Tgl : 14 April 2023 16:00:02
Tempat : Balai Kalurahan Sidoluhur
Koordinator : Kamituwo
Pamong Kalurahan

Hernawan Zudanto, SE

Lurah

Fajar Nugroho, S.P.,M.Kom.

Carik

Fedika Arga Rengga, S.Pd.

Kaur Danarta

Galang Wiradilaga, S.Or.

Kaur Pangripta

Adi Arya Pradana, S.E.

Jagabaya

Nur Hidayat, S.A.P.

Ulu-Ulu

Wahyu Rahmadani, S.Pd.

Kamituwa

Muryono

Dukuh Sokonilo

Sugiharta

Dukuh Berjo Kulon

Agus Tri Handoko

Dukuh Berjo Kidul

Tri Santoso

Dukuh Berjo Wetan

RIYAN ARDIYAN YOGA PRATAMA

Dukuh Ngabangan

M. Asmadi

Dukuh Jowah

Basiran

Dukuh Pandean

Parwata

Dukuh Kunden

SIDHA RAHMAWAN

Dukuh Gatak

Widiarta,A.Md

Dukuh Dadapan

Syarif Rizka Diaudin, S.M.

Dukuh Serangan

MEGANDI HADMIJUDO

Dukuh Tebon

Arif Darmawan,S.Pd.

Dukuh Mertosutan

Suratmin

Dukuh Kragilan

Iwan Suhandoko

Dukuh Krajan

Sumaryadi

Staf Desa

Yustina Wardani,S.SI.

Staf Desa

Agus Sumarna

Staf Desa

Darmanta,SE.

Staf Desa

Luthfi Adi Sulistyo, S.Ak.

Staf Desa

Nindya Subekti

Staf Desa

Sukoko

Penjaga Kantor