Studi Tiru Desa Siaga Sehat Jiwa dari Kabupaten Gunung Kidul

Share :

TANGGAL KEGIATAN : 27 Februari 2020

KOORDINATOR KEGIATAN : Kasi Pelayanan

LOKASI KEGIATAN : Kantor Kepala Desa

  1. Desa Siaga

Desa siaga adalah desa yang memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan (bencana dan kegawatdaruratan kesehatan) di desanya (Depkes RI, 2006 dalam Efendi, 2009).

Desa Siaga adalah desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana dan kegawat daruratan kesehatan secara mandiri. Sebuah Desa dikatakan menjadi desa siaga apabila desa tersebut telah memiliki sekurang-kurangnya sebuah Pos Kesehatan Desa.

Desa Siaga yang telah dicanangkan pemerintah, merupakan gambaran masyarakat yang sadar, mau dan mampu mencegah dan mengatasi berbagai ancaman terhadap kesehatan masyarakat, seperti kurang gizi, kejadian bencana, termasuk didalamnya gangguan jiwa, dengan memanfaatkan potensi setempat secara gotong royong, menuju Desa Siaga.

  1. Desa Siaga Sehat Jiwa

Desa siaga sehat jiwa merupakan sebuah program, yang mengajak masyarakat untuk ikut berperan serta dalam mendeteksi penyakit  serta siaga terhadap munculnya masalah kesehatan jiwa di masyarakat (Apsari, 2010).

Rochana Dwi Astuti mengungkapkan, desa siaga sehat jiwa merupakan gambaran masyarakat yang sadar, mau dan mampu mencegah dan mengatasi berbagai ancaman terhadap kesehatan masyarakat, seperti kurang gizi, bencana, serta masalah gangguan kejiwaan, dengan memanfaatkan potensi setempat secara gotong royong. Beberapa tahapan yang akan dilaksanakan di desa siaga sehat jiwa diantaranya, meliputi persiapan, sosialisasi, pelatihan kader, pendampingan, monitoring, dan pelaporan. dengan dibentuknya desa siaga sehat jiwa, diharapkan dapat mengurangi dampak dan kerugian akibat dari adanya penderita gangguan jiwa yang tidak dirawat (Apsari, 2010).

Desa Siaga Sehat Jiwa (DSSJ) merupakan pengembangan kesehatan mental berbasis masyarakat bertujuan agar masyarakat di desa binaan tanggap terhadap masalah kesehatan jiwa masyarakat, dapat mencegah timbulnya masalah kesehatan jiwa serta dapat menanggulangi masalah kesehatan jiwa di masyarakat (Yuni, 2010).

Desa siaga sehat jiwa merupakan sebuah program, yang mengajak masyarakat untuk ikut berperan serta dalam mendeteksi penyakit  serta siaga terhadap munculnya masalah kesehatan jiwa di masyarakat (Jogyatv, 2010).

Desa Siaga Sehat jiwa merupakan salah satu program CMHN (Community Mental Health Nursing) yang bertujuan untuk (Meru, 2011) :

  1. Pendidikan kesehatan jiwa untuk masyarakat sehat.
  2. Pendidikan kesehatan jiwa untuk resiko masalah psikososial.
  3. Resiko jiwa untuk mengalami gangguan jiwa.
  4. Terapi aktivitas bagi pasien gangguan jiwa mandiri.
  5. Rehabilitasi bagi pasien gangguan jiwa mandiri.
  6. Askep bagi keluarga pasien gangguan jiwa