Patroli PPKM di malam 17 Agustus 2021

Share :

Pemerintah Kalurahan Sidoluhur membuat Surat Nomor 003.1/68 tentang Partisipasi Menyemarakkan Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, yang ditujukan kepada warga masyarakat Sidoluhur. Surat ini menindaklanjuti Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-462/M/S/TU.00.04/06/2021 perihal Partisipasi Menyemarakkan Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. Dalam surat tersebut disebutkan bahwa seluruh kegiatan dalam rangka menyemarakkan HUT RI tahun ini harus memperhatikan protokol kesehatan aman Covid-19 secara ketat.

Salah satu tugas dari Pemerintah Kalurahan Sidoluhur dalam rangka penegakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) adalah pembinaan dan pengawasan kegiatan masyarakat. Termasuk hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan seputar peringatan HUT RI ini. Jangan sampai euforia peringatan hari kemerdekaan malah menimbulkan kluster Covid baru di lingkungan Sidoluhur.

Salah satu aplikasi tugas di atas adalah Patroli malam 17-an yang digelar pada Hari Senin Tanggal 16 Agustus 2021. Personil yang terlibat antara lain :

  1. Panewu Godean, Drs Sarjono,M.Si
  2. Kawat Keamanan, Sudarmanto,SH,MIP
  3. Lurah Sidoluhur, Hernawan Zudanto,SE
  4. Carik, Fajar Nugroho,SP,M.Kom
  5. Jogoboyo, Adi Arya Pradana,SE
  6. Kamituwo, Wahyu Rahmadani,Ama
  7. Danarta, Fedika Arga Rengga,S.Pd
  8. Ulu-ulu, Nur Hidayat
  9. Tata laksana, Intan Putri Sundari ,S.Pd
  10. Babinsa, Serma Hari Priyanto

Kunjungan pertama dalam gelar patroli di atas, tim mendatangi Pemakaman Prokes pasien dengan data :

  • Nama alias : Ny "SY"
  • Usia  : 72  th
  • Jenis kelamin: Perempuan
  • Status Covid-19: Hasil Swab tgl 9 Agustus 2021 Terkomfirmasi Pneumonia covid 19 berat.
  • Alamat domisili : Gatak IX RT 02 RW 20, Sidoluhur, Godean, Sleman.

Ambulans* pembawa jenazah datang sekira jam 21.50 WIB. Jenazah langsung disalatkan sesuai prokes yakni jenazah masih didalam mobil. Setelah itu pemakaman pun dilakukan oleh Tim dari BPBD Sleman di TPU Kunden Sidoluhur.

Patroli dilanjutkan dengan menertibkan Warung Warmindo di Padukuhan Mertosutan. Tim mendapati banyak pemuda padukuhan Mertosutan yang masih nongkrong ditempat tersebut. Tim lalu memberikan edukasi dan meminta agar penjaga warung tersebut mentaati aturan PPKM yang masih berlaku.

Pembinaan yang sama dilakukan di Padukuhan Krajan, Gatak dan Ngabangan yang melakukan acara kumpul bersama. Meskipun warga yang berkumpul tidak banyak dan sifatnya spontan, namun tim tetap memberikan edukasi agar prokes senantiasa ditaati. Harapan kita, selain warga tetap sehat, momentum peringatan bersejarah 17an Agustus tetap terjaga.

------------------------------------------

* Ambulance BPBD (AB 1103 EG) dan Mobil Kijang (AB  1561 AU )