Syawalan dan Pembinaan LKK bersama Kanjeng Yudhanegara

Share :

Pemerintah Kalurahan Sidoluhur mengadakan acara Syawalan dan Pembinaan Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan (LKK). Acara ini berlangsung pada hari Selasa tanggal 17 Mei 2022 di Balai Kalurahan Sidoluhur. Peserta acara ini antara lain perwakilan RW, RT, PKK, Posyandu, Karang Taruna, Satlinmas dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan (LPMKal). Hadir pula dalam kesempatan tersebut segenap jajaran Pemerintah Kalurahan Sidoluhur, Badan Permusyawaratan Kalurahan Sidoluhur, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Tamu undangan yang hadir dalam kesempatan ini antara lain KPH. Yudanegara (Kabag Pembinaan Kalurahan Kapanewon Biro Tapem DIY), Muh Zuhdan (Anggota DPRD Sleman), Hardo Kiswoyo (Sekda Sleman), Panewu Godean beserta jajaran, Kapolsek, dan danramil Godean.

Lurah Sidoluhur, Hernawan Zudanto,SE dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada segenap hadirin yang telah meluangkan waktu untuk hadir dalam acara ini. Beliau juga berharap kepada Kanjeng Yudha dan Bapak Sekda berkenan untuk memberikan arahan bimbingan serta pendampingan dalam penyelenggaraan pemerintahan kelurahan.

Sekretaris Daerah Sleman, Hardo Kiswoyo,SE,MSi., Dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal yang penting terlebih untuk menjaga soliditas dan produktivitas masyarakat. Beliau menyampaikan bahwa musyawarah hendaknya lebih dikedepankan daripada perilaku saling lapor yang dapat memperpanjang masalah. Beliau juga menyampaikan bahwa Kalurahan Sidoluhur termasuk daerah yang strategis karena menjadi penyangga jalan tol sehingga masyarakat diminta untuk berinovasi dan menangkap peluang untuk meningkatkan ekonominya. Beliau juga siap untuk menerima segala aspirasi yang menjadi wewenang dan dapat di difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Sleman.

Acara inti yakni Pembinaan LKK disampaikan oleh Kanjeng Yudo sendiri. Beliau menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi DIY siap  memfasilitasi akses dana keistimewaan. Dana ini utamanya untuk menopang atau menjalankan kegiatan yang didasari pilar-pilar Keistimewaan Yogyakarta. Sebagaimana telah diketahui bahwa pilar Keistimewaan Yogyakarta antara lain dalam bidang pemerintahan, kelembagaan, kebudayaan, pertanahan dan tata ruang.  Selanjutnya beliau juga menyampaikan fungsi pentingnya LKK dalam penyelenggaraan Pemerintahan Kalurahan. Karena LKK merupakan mitra yang dapat mengakselerasi pembangunan Kalurahan

Foto Terkait: