Musyawarah Kalurahan Pembahasan RKP 2023

Share :

Salah satu siklus tahunan kalurahan adalah musyawarah kalurahan membahas perencanaan pembangunan tahun berikutnya. Sesuai dengan regulasi, penyelenggara musyawarah kelurahan tersebut adalah Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPKal). Siklus ini diselenggarakan paling lambat akhir bulan Juni setiap tahunnya.

BPKal Sidoluhur menyelenggarakan musyawarah kalurahan seperti tersebut di atas pada Hari Rabu tanggal 29 Juni 2022 di Balai Kalurahan Sidoluhur. Secara teknis BPKal telah membentuk panitia pelaksana musyawarah kalurahan yang telah ditetapkan dengan keputusan ketua BPKal. Dengan panitia ini seluruh rangkaian atau teknis pelaksanaan musyawarah kalurahan telah dilaksanakan dengan baik dan lancar.

Hadir sebagai peserta dan tamu undangan antara lain panewu Godean yang diwakili oleh Kepala Jawatan Kemakmuran, Dani Subiyanto,STP., Lurah Sidoluhur beserta seluruh pamong kalurahan, ketua BPKal beserta seluruh anggota, perwakilan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK), tokoh masyarakat, Bhabinkamtibmas dan Babinsa. 

Lurah Sidoluhur, Hernawan Zudanto,SE., dalam sambutannya menyampaikan pandangan umum tentang kebijakan prioritas pembangunan di tahun 2023. Beberapa di antaranya adalah tentang penyelarasan kebijakan pusat, daerah dan kelurahan. Penyelarasan tersebut tentu saja melalui fase pencermatan terhadap RPJMKal Sidoluhur tahun 2021 s.d. 2026.

Tema untuk pembangunan Kalurahan Sidoluhur tahun 2023 adalah "Meningkatkan kapasitas sumber daya dan akses pendukung sosial ekonomi masyarakat Sidoluhur". Harapan seluruh peserta, bahwa di tahun depan tidak terjadi kebijakan dari pusat yang mendadak dan bertentangan dengan hasil musyawarah Kalurahan. Hal ini selaras dengan apa yang telah dirancang oleh pamong kalurahan dengan perencanaan pembangunannya.