Pengukuhan KSM Luhur Berseri

Share :

Seiring dengan bertambahnya penduduk, maka jumlah produksi sampah yang dihasilkan cenderung terus meningkat. Pengendalian sampah yang paling sederhana dan efektif adalah dengan menumbuhkan kesadaran warga untuk tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, diperlukan juga kontrol sosial budaya masyarakat untuk lebih menghargai lingkungan. Untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pengendalian sampah, Pemerintah Kalurahan Sidoluhur dalam hal ini Bumdes Luhur Sembada mengadakan acara pengukuhan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Luhur Berseri di Balai Kalurahan Sidoluhur, Godean. Acara tersebut diselenggarakan pada hari Jumat, 26 November 2021. Acara ini merupakan tindak lanjut dari penetapan  Keputusan Lurah Sidoluhur Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pembentukan Tim Swakelola Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) “Luhur Berseri” Kalurahan Sidoluhur Kapanewon Godean tertanggal 17 Maret 2021. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Carik Sidoluhur, Fajar Nugroho, S.P.,M.Kom. dan Ulu-Ulu, Nur Hidayat selaku perwakilan Pemerintah Kalurahan Sidoluhur. Selain itu, turut hadir Direktur BumDes, Ir. Harjanto dan Ketua KSM Luhur Berseri, Anang Wisnu Marbangun, juga para pengurus BumDes.                                               

Dalam pertemuan ini Carik Sidoluhur, Fajar Nugroho, S.P.,M.Kom. menyampaikan bahwa tema pengelolaan sampah merupakan tema yang selalu dibutuhkan masyarakat. Hal ini karena sampah selalu diproduksi oleh manusia sehingga selalu menjadi tantangan atau permasalahan di kehidupan. Beliau juga mengapresiasi pencapaian KSM Luhur Berseri dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pengendalian sampah. Hal itu terbukti dengan adanya penambahan jumlah pelanggan sampah BumDes Sidoluhur. Disampaikan bahwa data pelanggan sampah BumDes telah mencapai 239. Dari jumlah data tersebut, pada bulan November 2021 saja sudah terjadi peningkatan sebanyak 17 pelanggan. Pemerintah Kalurahan Sidoluhur tentunya sangat mengapresiasi perolehan yang dicapai oleh KSM Luhur Berseri. Acara selanjutnya yaitu arahan dari Direktur BumDes, Ir. Harjanto. Beliau menyampaikan bahwa pengelolaan sampah yang dilakukan oleh KSM Luhur Berseri dilakukan secara profesional mulai dari waktu pengambilan sampah, bagi hasil, dan lainya.                                                                                                                      

Selanjutnya pada kesempatan ini Ulu-Ulu Sidoluhur, Nur Hidayat menyampaikan bahwa ke depannya Pemerintah Sidoluhur akan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman tentang arah pengelolaan sampah TPS3R. Di akhir acara Ketua KSM, Anang Wisnu Marbangun memberikan motivasi kepada para anggotanya bahwa perjuangan ke depan masih panjang. Acara dilanjutkan dengan pengukuhan, sehingga KSM Luhur Berseri semakin semangat dan dapat diterima oleh masyarakat.