Vaksinasi Dosis Kedua bagi Penyandang Disabilitas

Share :

Salah satu arahan penting dari Pemerintah Pusat adalah Desa Inklusi. Istilah Desa Inklusi ini menurut Kementerian Sosial mengandung pengertian desa yang memberikan layanan ramah bagi penyandang disabilitas.

Pemerintah Kalurahan Sidoluhur berkomitmen secara bertahap menuju Desa Inklusi tersebut. Salah satu implementasinya adalah vaksinasi Covid-19 yang diprioritaskan untuk warga penyandang disabilitas. Pemerintah Kalurahan Sidoluhur bekerjasama dengan Majelis Pelayanan Sosial (MPS) Pengurus Wilayah Muhammadiyah DI Yogyakarta telah melaksanakan vaksinasi tersebut pada tanggal 8 September 2021 di Balai Kalurahan Sidoluhur. Vaksinasi ini merupakan dosis yang pertama.

Baca juga : Kunjungan Bupati dan Wabup di Acara Vaksinasi warga Penyandang Disabilitas

Sebagai kelanjutannya, vaksin dosis kedua diselenggarakan pada Hari Rabu, 29 September 2021 pukul 10.00 s.d. 12.25 WIB di Balai Kalurahan Sidoluhur. Merek vaksin yang digunakan pada acara ini adalah Vaksin Sinopharm dan Sinovac. Jumlah warga yang divaksin adalah 263 orang, dengan rincian Vaksin Sinopharm : 252 orang dan Vaksin Sinovac 11 orang.

Penerima vaksin dalam kegiatan ini memang tidak hanya penyandang disabilitas, tapi juga masyarakat umum. Namun dalam pelaksanaannya, penyandang disabilitas diprioritas untuk mendapat pelayanan. Contohnya, dalam antrian, warga penyandang disabilitas disediakan jalur khusus sehingga lebih memudahkan dan mempercepat alur vaksinasi. Disamping penyandang disabilitas, keluarga atau pendamping disabilitas juga mendapatkan prioritas. Hal ini sangat beralasan, karena para keluarga atau pendamping harus segera pulang atau menjaga anggota keluarganya yang menyandang disabilitas.

Kegiatan tersebut dihadiri :
1. Lurah Sidoluhur, Hernawan Zudanto,SE., Pamong dan Staf.
2. Nakes RS PKU Gamping, 21 orang
3. Babinsa Serma Hari Priyanto dan Serda Edi S.
4. MPS, 3 orang
5. Lazismu, 3 orang
6. Ibu-ibu kader dan PKK
7. Linmas, 5 orang
8. Penerima Vaksin, 263 orang