Musyawarah Padukuhan Pemutakhiran DTKS Tahun 2022

Share :

Musyawarah Padukuhan (MusDuk) Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan DTKS kalurahan. Pemerintah Kalurahan Sidoluhur melalui dukuh telah mengagendakan MusDuk di masing-masing padukuhan. Peserta MusDuk sesuai arahan dari Dinas Sosial terdiri dari dukuh, ketua RT/RW, perwakilan karang taruna, kader, dan tokoh masyarakat. 

Salah satu acara MusDuk yang telah terselenggara di Kalurahan Sidoluhur yaitu MusDuk Padukuhan Gatak. Acara tersebut diselenggarakan pada hari Senin, 04 Oktober 2021 di rumah Dukuh Gatak (Sidha Rahmawan, ST). MusDuk dihadiri oleh Kamitua Sidoluhur (Wahyu Rahmadani, A. Ma), TPSD (Riska Septiandari), dan ketua RT/ RW, dan tokoh masyarakat Padukuhan Gatak. 

MusDuk DTKS dilakukan dalam rangka verifikasi dan validasi DTKS untuk mendorong pelaksanaan pemutakhiran data kemiskinan sesuai kondisi saat ini dan sebagai upaya peningkatan pelayanan kesejahteraan sosial bagi warga rentan/ miskin. Ada tiga poin kegiatan yaitu, pertama penghapusan data bagi warga yang sudah meninggal dunia, mampu, dan/ atau pindah kependudukan luar Sleman. Kedua, penambahan usulan baru bagi warga rentan/ miskin yang belum masuk dalam DTKS. Selanjutnya, ketiga yaitu perubahan data bagi KK yang mengalami perubahan jumlah anggota keluarga/ perubahan aset rumah. 

Hasil MusDuk dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh semua pihak yang hadir disertai daftar sementara DTKS tingkat padukuhan selanjutnya dikumpulkan ke kalurahan untuk dilakukan Musyawarah Kalurahan (MusKal).