Kalurahan Sidoluhur

Kap. Godean, Kab. Sleman
Prov. DI Yogyakarta

Loading

Kalurahan Sidoluhur

Hari Guru

  • Hari
  • Jam
  • Menit
  • Detik
Info
Mari kita cegah Penyakit Demam Berdarah dengan langkah berikut -- selengkapnya... Info lengkap tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) -- selengkapnya...

Berita Kalurahan

Komentar Terbaru

Gerakan PHBS Sebagai Langkah Awal Menuju Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat

PHBS merupakan kependekan dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Sedangkan pengertian PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. 

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai perilaku hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur – jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi. Ada berbagai informasi yang dapat dibagikan seperti materi edukasi guna menambah pengetahuan serta meningkatkan sikap dan perilaku terkait cara hidup yang bersih dan sehat.  

PHBS adalah sebuah rekayasa sosial yang bertujuan menjadikan sebanyak mungkin anggota masyarakat sebagai agen perubahan agar mampu meningkatkan kualitas perilaku sehari – hari dengan tujuan hidup bersih dan sehat.

Terdapat langkah – langkah berupa edukasi melalui pendekatan pemuka atau pimpinan masyarakat, pembinaan suasana dan juga pemberdayaan masyarakat dengan tujuan kemampuan mengenal dan tahu masalah kesehatan yang ada di sekitar; terutama pada tingkatan rumah tangga sebagai awal untuk memperbaiki pola dan gaya hidup agar lebih sehat.

Tujuan utama dari gerakan PHBS adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu – individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari – hari yang bersih dan sehat. Manfaat PHBS yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan.

 

Beberapa Tatanan PHBS

Tatanan PHBS melibatkan beberapa elemen yang merupakan bagian dari tempat beraktivitas dalam kehidupan sehari – hari. Berikut ini 5 tatanan PBHS yang dapat menjadi simpul – simpul untuk memulai proses penyadartahuan tentang perilaku hidup bersih sehat :

  • PHBS di Rumah tangga
  • PHBS di Sekolah
  • PHBS di Tempat kerja
  • PHBS di Sarana kesehatan
  • PHBS di Tempat umum

 

Manfaat PHBS

Manfaat PHBS secara umum adalah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mau menjalankan hidup bersih dan sehat. Hal tersebut agar masyarakat bisa mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan. Selain itu, dengan menerapkan PHBS masyarakat mampu menciptakan lingkungan yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup.

  • Manfaat PHBS di Sekolah

PHBS di sekolah merupakan kegiatan memberdayakan siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah untuk mau melakukan pola hidup sehat untuk menciptakan sekolah sehat. Manfaat PHBS di Sekolah mampu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, meningkatkan proses belajar mengajar dan para siswa, guru hingga masyarakat lingkungan sekolah menjadi sehat.

  • Manfaat PHBS di Rumah Tangga

Menerapkan PHBS di rumah tangga tentu akan menciptakan keluarga sehat dan mampu meminimalisir masalah kesehatan. Manfaat PHBS di rumah tangga antara lain, setiap anggota keluarga mampu meningkatkan kesejahteraan dan tidak mudah terkena penyakit, rumah tangga sehat mampu meningkatkan produktivitas anggota rumah tangga dan manfaat PHBS rumah tangga selanjutnya adalah anggota keluarga terbiasa untuk menerapkan pola hidup sehat dan anak dapat tumbuh sehat dan tercukupi gizi.

  • Manfaat PHBS di Tempat Kerja

PHBS di Tempat kerja adalah kegiatan untuk memberdayakan para pekerja agar tahu dan mau untuk melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan berperan dalam menciptakan tempat kerja yang sehat. manfaat PHBS di tempat kerja yaitu para pekerja mampu meningkatkan kesehatannya dan tidak mudah sakit, meningkatkan produktivitas kerja dan meningkatkan citra tempat kerja yang positif.

  • Manfaat PHBS di Masyarakat

Manfaat PHBS di masyarakat adalah masyarakat mampu menciptakan lingkungan yang sehat, mencegah penyebaran penyakit, masyarakat memanfaatkan pelayanan fasilitas kesehatan dan mampu mengembangkan kesehatan yang bersumber dari masyarakat.

 

Indikator PHBS di Sekolah

PHBS di Sekolah merupakan langkah untuk memberdayakan siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah agar bisa dan mau melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam menciptakan sekolah yang sehat.

Contoh PHBS di sekolah

  • Mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan,
  • Mengonsumsi jajanan sehat,
  • Menggunakan jamban bersih dan sehat
  • Olahraga yang teratur
  • Memberantas jentik nyamuk
  • Tidak merokok di lingkungan sekolah
  • Membuang sampah pada tempatnya, dan
  • Melakukan kerja bakti bersama warga lingkungan sekolah untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

 

Tatanan PHBS Rumah Tangga

Salah satu tatanan PHBS yang utama adalah PHBS rumah tangga yang bertujuan memberdayakan anggota sebuah rumah tangga untuk tahu, mau dan mampu menjalankan perilaku kehidupan yang bersih dan sehat serta memiliki peran yang aktif pada gerakan di tingkat masyarakat. Tujuan utama dari tatanan PHBS di tingkat rumah tangga adalah tercapainya rumah tangga yang sehat.

Terdapat beberapa indikator PHBS pada tingkatan rumah tangga yang dapat dijadikan acuan untuk mengenali keberhasilan dari praktik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada tingkatan rumah tangga. Berikut ini 10 indikator PHBS pada tingkatan rumah tangga :

  1. Persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan.
    Persalinan yang mendapat pertolongan dari pihak tenaga kesehatan baik itu dokter, bidan ataupun paramedis memiliki standar dalam penggunaan peralatan yang bersih, steril dan juga aman. Langkah tersebut dapat mencegah infeksi dan bahaya lain yang beresiko bagi keselamatan ibu dan bayi yang dilahirkan.

  2. Pemberian ASI eksklusif
    Kesadaran mengenai pentingnya ASI bagi anak di usia 0 hingga 6 bulan menjadi bagian penting dari indikator keberhasilan praktek Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada tingkat rumah tangga.

  3. Menimbang bayi dan balita secara berkala
    Praktek tersebut dapat memudahkan pemantauan pertumbuhan bayi. Penimbangan dapat dilakukan di Posyandu sejak bayi berusia 1 bulan hingga 5 tahun. Posyandu dapat menjadi tempat memantau pertumbuhan anak dan menyediakan kelengkapan imunisasi. Penimbangan secara teratur juga dapat memudahkan deteksi dini kasus gizi buruk.

  4. Cuci tangan dengan sabun dan air bersih
    Praktek ini merupakan langkah yang berkaitan dengan kebersihan diri sekaligus langkah pencegahan penularan berbagai jenis penyakit berkat tangan yang bersih dan bebas dari kuman.

  5. Menggunakan air bersih
    Air bersih merupakan kebutuhan dasar untuk menjalani hidup sehat.

  6. Menggunakan jamban sehat
    Jamban merupakan infrastruktur sanitasi penting yang berkaitan dengan unit pembuangan kotoran dan air untuk keperluan pembersihan.

  7. Memberantas jentik nyamuk
    Nyamuk merupakan vektor berbagai jenis penyakit dan memutus siklus hidup makhluk tersebut menjadi bagian penting dalam pencegahan berbagai penyakit.

  8. Konsumsi buah dan sayur
    Buah dan sayur dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral serta serat yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh optimal dan sehat.

  9. Melakukan aktivitas fisik setiap hari
    Aktivitas fisik dapat berupa kegiatan olahraga ataupun aktivitas bekerja yang melibatkan gerakan dan keluarnya tenaga.

  10. Tidak merokok di dalam rumah
    Perokok aktif dapat menjadi sumber berbagai penyakit dan masalah kesehatan bagi perokok pasif. Berhenti merokok atau setidaknya tidak merokok di dalam rumah dapat menghindarkan keluarga dari berbagai masalah kesehatan.

 

Pentingnya Materi PHBS di Setiap Tatanan

Selain PHBS dalam tatanan rumah tangga, masih terdapat tatanan lain yang tidak kalah penting seperti PHBS di sekolah dan juga PHBS di tempat kerja. Keseluruhan dari materi PHBS bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan individu dan masyarakat yang terlibat pada setiap tatanan.

Sekolah yang sehat dengan anggota komunitas tingkat sekolah yang berperilaku Hidup Bersih dan Sehat dapat mencegah sekolah menjadi titik penularan atau sumber berbagai penyakit. Demikian pula dengan PHBS di tempat kerja dimana keamanan dan kesehatan menjadi sesuatu yang tidak kalah penting.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang berasal dari implementasi materi PHBS dapat menjadi kunci untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Menjalankan praktek indikator – indikator PHBS di berbagai tatanan dapat menjadi sebuah gerakan untuk memasyarakatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dimanapun dan juga kapanpun.

 

KUMPULAN DOWNLOAD MATERI PHBS

BUKU PHBS

 

No Nama Media File Type File Size #
1 Buku : Pedoman PHBS Adobe Portable Document Format 13,05 MB DOWNLOAD

 

MATERI PHBS

 

No Nama Media File Type File Size #
1 Materi : PHBS Microsoft Office - OOXML - Presentation 6,76 MB DOWNLOAD

 

---------------------------------

sumber : https://promkes.kemkes.go.id/phbs

Beri Komentar

Kalurahan

5.241

LAKI-LAKI

5.241LAKI-LAKI penduduk

5.280

PEREMPUAN

5.280PEREMPUAN penduduk

10.521

TOTAL

10.521TOTAL penduduk

Layanan
Mandiri

Hubungi Pamong Kalurahan untuk mendapatkan PIN

Pamong Kalurahan

Lurah

Hernawan Zudanto, SE

Carik

Fajar Nugroho, S.P.,M.Kom.

Kaur Danarta

Fedika Arga Rengga, S.Pd.

Kaur Tata Laksana

Intan Putri Sundari, S.Pd.

Kaur Pangripta

Galang Wiradilaga, S.Or.

Jagabaya

Adi Arya Pradana, S.E.

Ulu-Ulu

Nur Hidayat

Kamituwa

Wahyu Rahmadani, A.Ma.

Dukuh Sokonilo

Muryono

Dukuh Berjo Kulon

Sugiharta

Dukuh Berjo Kidul

Agus Tri Handoko

Dukuh Berjo Wetan

Tri Santoso

Dukuh Ngabangan

RIYAN ARDIYAN YOGA PRATAMA

Dukuh Jowah

M. Asmadi

Dukuh Pandean

Basiran

Dukuh Kunden

Parwata

Dukuh Gatak

SIDHA RAHMAWAN

Dukuh Dadapan

Widiarta,A.Md

Dukuh Serangan

Syarif Rizka Diaudin

Dukuh Mertosutan

Arif Darmawan,S.Pd.

Dukuh Tebon

MEGANDI HADMIJUDO

Dukuh Kragilan

Suratmin

Dukuh Krajan

Iwan Suhandoko

Staf Desa

Darmanta,SE.

Staf Desa

Agus Sumarna

Staf Desa

Sumaryadi

Staf Desa

Yustina Wardani,S.SI.

Penjaga Kantor

Sukoko

Staf Desa

Nindya Subketi

Staf Desa

Luthfi Adi Sulistyo

Agenda

Mendatang

Hari Raya Natal

Tgl : 25 Desember 2022 10:00:01
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Kristiani

Terdahulu

Pertemuan Rutin PPKBD Desa Sidoluhur

Tgl : 26 Februari 2020 09:30:14
Tempat : Kantor Desa Sidoluhur
Koordinator : Kasi Pelayanan

Terdahulu

Studi Tiru Desa Siaga Sehat Jiwa dari Kabupaten Gunung Kidul

Tgl : 27 Februari 2020 09:00:28
Tempat : Kantor Kepala Desa
Koordinator : Kasi Pelayanan

Terdahulu

Pemantauan Jentik Berkala Padukuhan Berjo Kidul Sidoluhur

Tgl : 29 Februari 2020 07:00:57
Tempat : Rumah Dukuh Berjo Kidul
Koordinator : Kasi Pelayanan

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19 #April

Tgl : 07 April 2020 08:00:36
Tempat : Sokonilo, Berjo Kulon, Berjo Kidul
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19

Tgl : 08 April 2020 08:00:10
Tempat : Berjo Wetan, Ngabangan
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19

Tgl : 09 April 2020 08:00:06
Tempat : Jowah dan Pandean
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19

Tgl : 14 April 2020 08:00:18
Tempat : Kunden, Gatak dan Dadapan
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19

Tgl : 15 April 2020 08:00:32
Tempat : Serangan, Mertosutan dan Tebon
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19

Tgl : 16 April 2020 08:00:58
Tempat : Kragilan dan Krajan
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Pemilihan Kepala Desa Sidoluhur Tahun 2020

Tgl : 20 Desember 2020 10:37:44
Tempat : TPS Padukuhan
Koordinator : Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Sidoluhur Tahu

Terdahulu

Pemilihan Bupati Sleman Tahun 2020

Tgl : 09 Desember 2020 11:01:29
Tempat : TPS Padukuhan
Koordinator : PPS Sidoluhur

Terdahulu

Wafat Isa Almasih

Tgl : 20 Maret 2021 20:02:11
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Kristiani

Terdahulu

Musrenbang Kalurahan Penyusunan RPJMKal 2021-2026

Tgl : 24 Maret 2021 19:30:15
Tempat : Balai Kalurahan Sidoluhur
Koordinator : Pemkal Sidoluhur

Terdahulu

Hari Buruh

Tgl : 01 Mei 2022 00:23:40
Tempat : Indonesia
Koordinator : Buruh

Terdahulu

Kenaikan Isa Almasih

Tgl : 13 Mei 2021 08:25:28
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Kristiani

Terdahulu

Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Tgl : 02 Mei 2022 00:28:58
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Islami

Terdahulu

Pengambilan Blangko / Berkas Pendaftaran

Tgl : 26 April 2021 08:00:03
Tempat : Kantor Kalurahan Sidoluhur
Koordinator :

Terdahulu

Pendaftaran dan pengembalian berkas Calon Pamong Kalurahan

Tgl : 29 April 2021 08:00:37
Tempat : Kantor Kalurahan Sidoluhur
Koordinator :

Terdahulu

Pengumuman Penyaringan / Penelitian Administrasi bakal Calon Pamong Kalurahan

Tgl : 28 Mei 2021 08:00:20
Tempat : Kantor Kalurahan Sidoluhur
Koordinator :

Terdahulu

Pengumuman Bakal Calon yang Berhak Mengikuti Ujian

Tgl : 04 Juni 2021 14:00:55
Tempat : Kantor Kalurahan Sidoluhur
Koordinator :

Terdahulu

Pengarahan Ujian oleh Perguruan Tinggi

Tgl : 07 Juni 2021 19:09:07
Tempat : Kantor Kalurahan Sidoluhur
Koordinator :

Terdahulu

Pelaksanaan Ujian Seleksi Pamong Kalurahan 2021

Tgl : 12 Juni 2021 08:00:27
Tempat : Menyusul
Koordinator :

Terdahulu

Hari Raya Waisak

Tgl : 16 Mei 2022 00:26:45
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Budha

Terdahulu

Hari Raya Idul Adha 1442 H

Tgl : 20 Juli 2021 00:56:24
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Islam

Terdahulu

Tahun Baru Islam 1443 H

Tgl : 10 Agustus 2021 00:51:26
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Islam

Terdahulu

HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia

Tgl : 17 Agustus 2021 09:51:50
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Maulid Nabi Muhammad SAW

Tgl : 19 Oktober 2021 14:11:14
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Islam

Terdahulu

Hari Kesaktian Pancasila

Tgl : 01 Oktober 2021 14:18:47
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Hari Natal

Tgl : 25 Desember 2021 06:02:38
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Tahun Baru 2022 Masehi

Tgl : 01 Januari 2022 00:05:42
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Tahun Baru Imlek

Tgl : 01 Februari 2022 19:07:28
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW

Tgl : 28 Februari 2022 19:11:28
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Hari Raya Nyepi

Tgl : 03 Maret 2022 19:15:01
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Wafat Isa Al Masih

Tgl : 15 April 2022 19:21:25
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Kenaikan Isa Al Masih

Tgl : 26 Mei 2022 09:37:40
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Hari Lahir Pancasila

Tgl : 01 Juni 2022 09:42:02
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Hari Raya Idul Adha 1443 H

Tgl : 09 Juli 2022 09:45:02
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Tahun Baru Hijriyah 1444 H

Tgl : 30 Juli 2022 09:51:26
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia

Tgl : 17 Agustus 2022 09:55:02
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Maulid Nabi Muhammad SAW

Tgl : 08 Oktober 2022 09:59:00
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Muslim

Terdahulu

Pelatihan Pengelolaan BUMKal Luhur Sembada

Tgl : 20 September 2022 09:00:01
Tempat : Balai Kalurahan Sidoluhur
Koordinator : Pemerintah Kalurahan Sidoluhur

Terdahulu

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kalurahan Sidoluhur RKP 2023

Tgl : 19 September 2022 19:30:51
Tempat : Balai Kalurahan Sidoluhur
Koordinator : Pemerintah Kalurahan Sidoluhur

Terdahulu

Gelar Potensi Budaya dan UMKM Sidoluhur Tahun 2022

Tgl : 18 November 2022 11:37:33
Tempat : Balai Kalurahan Sidoluhur
Koordinator : Panitia Gelar Potensi Budaya dan UMKM Sidoluhur
Statistik
Statistik Pengunjung
Hari ini:563
Kemarin:550
Total Pengunjung:197.591
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.236.18.161
Browser:Tidak ditemukan
Agenda

Mendatang

Hari Raya Natal

Tgl : 25 Desember 2022 10:00:01
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Kristiani

Terdahulu

Pertemuan Rutin PPKBD Desa Sidoluhur

Tgl : 26 Februari 2020 09:30:14
Tempat : Kantor Desa Sidoluhur
Koordinator : Kasi Pelayanan

Terdahulu

Studi Tiru Desa Siaga Sehat Jiwa dari Kabupaten Gunung Kidul

Tgl : 27 Februari 2020 09:00:28
Tempat : Kantor Kepala Desa
Koordinator : Kasi Pelayanan

Terdahulu

Pemantauan Jentik Berkala Padukuhan Berjo Kidul Sidoluhur

Tgl : 29 Februari 2020 07:00:57
Tempat : Rumah Dukuh Berjo Kidul
Koordinator : Kasi Pelayanan

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19 #April

Tgl : 07 April 2020 08:00:36
Tempat : Sokonilo, Berjo Kulon, Berjo Kidul
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19

Tgl : 08 April 2020 08:00:10
Tempat : Berjo Wetan, Ngabangan
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19

Tgl : 09 April 2020 08:00:06
Tempat : Jowah dan Pandean
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19

Tgl : 14 April 2020 08:00:18
Tempat : Kunden, Gatak dan Dadapan
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19

Tgl : 15 April 2020 08:00:32
Tempat : Serangan, Mertosutan dan Tebon
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Disinfeksi Fasos dan Fasum Pencegahan Covid-19

Tgl : 16 April 2020 08:00:58
Tempat : Kragilan dan Krajan
Koordinator : Jogoboyo

Terdahulu

Pemilihan Kepala Desa Sidoluhur Tahun 2020

Tgl : 20 Desember 2020 10:37:44
Tempat : TPS Padukuhan
Koordinator : Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Sidoluhur Tahu

Terdahulu

Pemilihan Bupati Sleman Tahun 2020

Tgl : 09 Desember 2020 11:01:29
Tempat : TPS Padukuhan
Koordinator : PPS Sidoluhur

Terdahulu

Wafat Isa Almasih

Tgl : 20 Maret 2021 20:02:11
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Kristiani

Terdahulu

Musrenbang Kalurahan Penyusunan RPJMKal 2021-2026

Tgl : 24 Maret 2021 19:30:15
Tempat : Balai Kalurahan Sidoluhur
Koordinator : Pemkal Sidoluhur

Terdahulu

Hari Buruh

Tgl : 01 Mei 2022 00:23:40
Tempat : Indonesia
Koordinator : Buruh

Terdahulu

Kenaikan Isa Almasih

Tgl : 13 Mei 2021 08:25:28
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Kristiani

Terdahulu

Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Tgl : 02 Mei 2022 00:28:58
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Islami

Terdahulu

Pengambilan Blangko / Berkas Pendaftaran

Tgl : 26 April 2021 08:00:03
Tempat : Kantor Kalurahan Sidoluhur
Koordinator :

Terdahulu

Pendaftaran dan pengembalian berkas Calon Pamong Kalurahan

Tgl : 29 April 2021 08:00:37
Tempat : Kantor Kalurahan Sidoluhur
Koordinator :

Terdahulu

Pengumuman Penyaringan / Penelitian Administrasi bakal Calon Pamong Kalurahan

Tgl : 28 Mei 2021 08:00:20
Tempat : Kantor Kalurahan Sidoluhur
Koordinator :

Terdahulu

Pengumuman Bakal Calon yang Berhak Mengikuti Ujian

Tgl : 04 Juni 2021 14:00:55
Tempat : Kantor Kalurahan Sidoluhur
Koordinator :

Terdahulu

Pengarahan Ujian oleh Perguruan Tinggi

Tgl : 07 Juni 2021 19:09:07
Tempat : Kantor Kalurahan Sidoluhur
Koordinator :

Terdahulu

Pelaksanaan Ujian Seleksi Pamong Kalurahan 2021

Tgl : 12 Juni 2021 08:00:27
Tempat : Menyusul
Koordinator :

Terdahulu

Hari Raya Waisak

Tgl : 16 Mei 2022 00:26:45
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Budha

Terdahulu

Hari Raya Idul Adha 1442 H

Tgl : 20 Juli 2021 00:56:24
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Islam

Terdahulu

Tahun Baru Islam 1443 H

Tgl : 10 Agustus 2021 00:51:26
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Islam

Terdahulu

HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia

Tgl : 17 Agustus 2021 09:51:50
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Maulid Nabi Muhammad SAW

Tgl : 19 Oktober 2021 14:11:14
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Islam

Terdahulu

Hari Kesaktian Pancasila

Tgl : 01 Oktober 2021 14:18:47
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Hari Natal

Tgl : 25 Desember 2021 06:02:38
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Tahun Baru 2022 Masehi

Tgl : 01 Januari 2022 00:05:42
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Tahun Baru Imlek

Tgl : 01 Februari 2022 19:07:28
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW

Tgl : 28 Februari 2022 19:11:28
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Hari Raya Nyepi

Tgl : 03 Maret 2022 19:15:01
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Wafat Isa Al Masih

Tgl : 15 April 2022 19:21:25
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Kenaikan Isa Al Masih

Tgl : 26 Mei 2022 09:37:40
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Hari Lahir Pancasila

Tgl : 01 Juni 2022 09:42:02
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Hari Raya Idul Adha 1443 H

Tgl : 09 Juli 2022 09:45:02
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Tahun Baru Hijriyah 1444 H

Tgl : 30 Juli 2022 09:51:26
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia

Tgl : 17 Agustus 2022 09:55:02
Tempat : Indonesia
Koordinator :

Terdahulu

Maulid Nabi Muhammad SAW

Tgl : 08 Oktober 2022 09:59:00
Tempat : Indonesia
Koordinator : Umat Muslim

Terdahulu

Pelatihan Pengelolaan BUMKal Luhur Sembada

Tgl : 20 September 2022 09:00:01
Tempat : Balai Kalurahan Sidoluhur
Koordinator : Pemerintah Kalurahan Sidoluhur

Terdahulu

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kalurahan Sidoluhur RKP 2023

Tgl : 19 September 2022 19:30:51
Tempat : Balai Kalurahan Sidoluhur
Koordinator : Pemerintah Kalurahan Sidoluhur

Terdahulu

Gelar Potensi Budaya dan UMKM Sidoluhur Tahun 2022

Tgl : 18 November 2022 11:37:33
Tempat : Balai Kalurahan Sidoluhur
Koordinator : Panitia Gelar Potensi Budaya dan UMKM Sidoluhur
Statistik Pengunjung
Hari ini:563
Kemarin:550
Total Pengunjung:197.591
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.236.18.161
Browser:Tidak ditemukan

Transparansi Anggaran

APBDes 2022 Pelaksanaan

PENDAPATAN

Realisasi | Anggaran

Rp. 2,156,304,090Rp. 3,988,563,378

54.06%

BELANJA

Realisasi | Anggaran

Rp. 2,032,321,345Rp. 4,011,663,378

50.66%

PEMBIAYAAN

Realisasi | Anggaran

Rp. 212,349,013Rp. 101,598,026

209.01%

APBDes 2022 Pendapatan

Hasil Aset Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 0Rp. 226,643,000

0%

Lain-Lain Pendapatan Asli Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 8,260,000Rp. 8,000,000

103.25%

Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 946,127,000Rp. 1,183,727,000

79.93%

Bagi Hasil Pajak dan Retribusi

Realisasi | Anggaran

Rp. 220,715,822Rp. 633,749,430

34.83%

Alokasi Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 520,916,975Rp. 1,158,543,948

44.96%

Bantuan Keuangan Provinsi

Realisasi | Anggaran

Rp. 238,000,000Rp. 238,000,000

100%

Bantuan Keuangan Kabupaten/Kota

Realisasi | Anggaran

Rp. 221,000,000Rp. 536,900,000

41.16%

Bunga Bank

Realisasi | Anggaran

Rp. 1,284,293Rp. 3,000,000

42.81%

APBDes 2022 Pembelanjaan

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA

Realisasi | Anggaran

Rp. 1,095,074,645Rp. 2,001,141,978

54.72%

BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA

Realisasi | Anggaran

Rp. 558,100,450Rp. 1,197,920,900

46.59%

BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN

Realisasi | Anggaran

Rp. 114,984,250Rp. 203,580,750

56.48%

BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Realisasi | Anggaran

Rp. 20,311,500Rp. 119,377,500

17.01%

BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA

Realisasi | Anggaran

Rp. 243,850,500Rp. 489,642,250

49.8%
Pamong Kalurahan

Hernawan Zudanto, SE

Lurah

Fajar Nugroho, S.P.,M.Kom.

Carik

Fedika Arga Rengga, S.Pd.

Kaur Danarta

Intan Putri Sundari, S.Pd.

Kaur Tata Laksana

Galang Wiradilaga, S.Or.

Kaur Pangripta

Adi Arya Pradana, S.E.

Jagabaya

Nur Hidayat

Ulu-Ulu

Wahyu Rahmadani, A.Ma.

Kamituwa

Muryono

Dukuh Sokonilo

Sugiharta

Dukuh Berjo Kulon

Agus Tri Handoko

Dukuh Berjo Kidul

Tri Santoso

Dukuh Berjo Wetan

RIYAN ARDIYAN YOGA PRATAMA

Dukuh Ngabangan

M. Asmadi

Dukuh Jowah

Basiran

Dukuh Pandean

Parwata

Dukuh Kunden

SIDHA RAHMAWAN

Dukuh Gatak

Widiarta,A.Md

Dukuh Dadapan

Syarif Rizka Diaudin

Dukuh Serangan

Arif Darmawan,S.Pd.

Dukuh Mertosutan

MEGANDI HADMIJUDO

Dukuh Tebon

Suratmin

Dukuh Kragilan

Iwan Suhandoko

Dukuh Krajan

Darmanta,SE.

Staf Desa

Agus Sumarna

Staf Desa

Sumaryadi

Staf Desa

Yustina Wardani,S.SI.

Staf Desa

Sukoko

Penjaga Kantor

Nindya Subketi

Staf Desa

Luthfi Adi Sulistyo

Staf Desa