Tugas Tanggung Jawab dan Wewenang PPIDK

Share :

Tugas, Tanggung Jawab, dan Wewenang PPID Kalurahan

  • PPID Kalurahan bertugas:
  1. melaksanakan pelayanan informasi publik kalurahan;
  2. mengumumkan daftar informasi publik kalurahan dengan format sebagaimana tersebut dalam Lampiran III yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Bupati ini;
  3. melakukan pengklasifikasian informasi dan/atau pengubahannya;
  4. melakukan pengujian konsekuensi;
  5. menetapkan informasi yang dikecualikan yang telah habis jangka waktu pengecualiannya sebagai informasi publik kalurahan yang dapat diakses; dan
  6. menetapkan pertimbangan tertulis atas setiap kebijakan yang diambil untuk memenuhi hak setiap orang atas informasi publik
  • PPID Kalurahan bertanggungjawab:
  1. melakukan pengoordinasian penyediaan, penyimpanan, pendokumentasian, dan pengamanan seluruh informasi publik kalurahan di bawah penguasaan badan publik kalurahan; dan
  2. menetapkan prosedur operasional pengelolaan dan pelayanan informasi publik.
  • PPID Kalurahan berwenang:
  1. mengoordinasikan setiap badan publik kalurahan dalam melaksanakan pelayanan informasi publik kalurahan;
  2. menolak permohonan informasi publik kalurahan secara tertulis apabila informasi publik kalurahan yang dimohon termasuk informasi yang dikecualikan; dan
  3. melakukan musyawarah dengan pemohon informasi publik kalurahan dalam hal pemohon mengajukan

 

Tugas Perangkat Pendukung PPID Kalurahan

A. Tugas Bidang Pengolahan Data dan Dokumentasi Informasi adalah:

  1. melakukan penyediaan, penyimpanan, pendokumentasian dan pengamanan informasi publik kalurahan;
  2. melakukan klasifikasi/pengelompokkan daftar informasi publik kalurahan dan informasi pelayanan;
  3. membuat, mengumpulkan, memelihara dan/atau memutakhirkan daftar informasi publik kalurahan secara berkala paling sedikit 1 (satu) kali dalam 1 (satu) bulan; dan
  4. menyusun daftar informasi yang diusulkan untuk

B. Tugas  Bidang Pelayanan Infomasi adalah:

  1. melakukan pelayanan informasi sesuai dengan aturan yang berlaku;
  2. melakukan pelayanan informasi publik kalurahan yang cepat, tepat waktu, biaya ringan dan secara sederhana;
  3. melakukan penyampaian informasi dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, mudah dipahami serta mempertimbangkan penggunaan bahasa yang digunakan oleh penduduk setempat; dan
  4. membuat rekap laporan permohonan informasi setiap akhir minggu agar bisa diketahui permohonan informasi diterima, diproses, ditindaklanjuti atau ditolak.

C. Tugas Bidang Pengelolaan PPID pada Website Kalurahan adalah:

  1. melakukan pengumuman informasi publik kalurahan melalui media website/daring Kalurahan sesuai dengan klasifikasi/pengelompokkan daftar informasi publik kalurahan yang telah dibuat; dan
  2. memutakhirkan daftar informasi publik kalurahan dan informasi lain di Website Kalurahan secara berkala paling sedikit 1 (satu) kali dalam 1 (satu)

D. Tugas Bidang Fasilitasi Sengketa Infomasi adalah:

  1. melakukan pengawasan rekapitulasi laporan permohonan informasi agar diketahui tanggapan permohonan informasi sudah sesuai tahapan dan prosedur;
  2. menangani pengaduan yang disampaikan publik melalui website/email maupun kanal aduan lain dan mengoordinasikan penyelesaiannya; dan
  3. mendampingi atasan PPID Kalurahan dalam proses penyelesaian sengketa informasi dan pengaduan badan publik