Latihan Simulasi Lomba Inovasi Kalurahan oleh PKK Sidoluhur

Share :

Dalam rangka persiapan Lomba Inovasi Kalurahan, Pemerintah Kalurahan Sidoluhur terus melakukan berbagai persiapan melalui Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan (LKK). Salah satu LKK yang telah melaksanakan persiapan tersebut adalah Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Ketua TP-PKK Sidoluhur, Amma J Chamim telah meminta jajaran pengurus Kelompok Kerja (Pokja) untuk melaksanakan simulasi tersebut.

Sebagai contoh Pokja 1 PKK telah dan akan melakukan berbagai latihan simulasi antara lain Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah tangga (PKDRT), Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Pencegahan Perdagangan Orang (human trafficking), Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) dan Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual Terhadap Anak (GN-AKSA).

Latihan simulasi PKBN telah dilakukan di padukuhan Kragilan pada Hari Minggu tanggal 26 Juni 2022 dengan melibatkan Pamong Kalurahan, kader dan warga masyarakat. Hadir sebagai pendamping adalah Kamituwo, Wahyu Rahmadani, ketua Pokja 1 PKK Nindya Utami Dewi, S.Pt., serta kader PKK yakni Yustina Wardhani dan Ponikem. Dalam simulasi tersebut warga masyarakat diminta untuk meningkatkan ketahanan keluarga dalam rangka mewujudkan kesadaran setiap warga tentang Penghayatan dan Pengamalan Pancasila.

Simulasi lain yang juga telah dilakukan adalah Simulasi Pencegahan Perdagangan Orang yang dilakukan pada Hari Rabu tanggal 29 Juni 2022 di Balai Kalurahan Sidoluhur. Simulasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peraturan perundangan yang berkait dengan pencegahan perdagangan orang. Peserta tampak antusias mengikuti simulasi yang dilakukan dengan serius tapi santai.