PPKBD dan Harganas 2022

Share :

Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) Kalurahan Sidoluhur mengadakan pertemuan rutin pada Hari Selasa tanggal 28 Juni 2022. Pertemuan ini dihadiri oleh carik Sidoluhur, Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kapanewon Godean, serta pengurus PPKBD Kalurahan Sidoluhur.

Carik Sidoluhur, Fajar Nugroho, SP.,M.Kom., memberikan arahan dalam sambutannya yakni agar segenap kadar bersiap menghadapi Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) pada tanggal 29 Juni 2022. Ia juga menyampaikan sejarah tentang landasan dipilihnya tanggal 29 Juni sebagai HARGANAS. 

Sebagaimana telah diketahui meskipun kemerdekaan Indonesia telah diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945 namun ternyata penjajah Belanda masih ingin melanjutkan agresinya. Baru pada tanggal 22 Juni 1949, Belanda memberikan kedaulatan penuh kepada Indonesia. Seminggu kemudian atau tanggal 29 Juni 1949 para pejuang kemerdekaan baru dapat kembali ke keluarga masing-masing bertemu istri dan atau anaknya. Peristiwa berkumpulnya para pejuang dengan keluarganya ini menjadi landasan dipilihnya tanggal 29 Juni menjadi HARGANAS. Pada waktu itu bangsa ini masih dihadapkan pada permasalahan pernikahan di usia dini karena banyak keluarga atau pejuang yang meninggal melawan penjajah. Banyak keluarga yang ingin mencari pengganti keluarga yang gugur tersebut sehingga terjadilah pernikahan di usia dini.

Pada tahun 2022 ini BKKBN memberikan tema HARGANAS yakni “Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting". Tema ini sesuai dengan salah satu kebijakan nasional untuk desa atau kalurahan yakni percepatan penanggulangan stunting. Sidoluhur sendiri sebagai salah satu kalurahan lokus stunting di kabupaten Sleman telah melakukan berbagai upaya pencegahan stunting. Seluruh upaya tersebut diintegrasikan dengan berbagai kegiatan yang melibatkan lintas sektor dan lintas lembaga kemasyarakatan.