Musrenbangkal Penyusunan RPJMKal 2021-2026

Share :

Berkaitan dengan penyusunan rancangan RPJM Kalurahan di Kalurahan Sidoluhur Kapanewon Godean Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Hari Rabu tangal 24 Maret 2021 pukul 19.30 – 22.00 WIB di Balai Kalurahan Sidoluhur telah diadakan acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kalurahan (Musrenbangkal) yang dihadiri oleh Lurah, Unsur Pamong Kalurahan, BPKalurahan, unsur institusi atau lembaga (sesuai Perbup Sleman Nomor 25.2 Tahun 2018) dan wakil-wakil kelompok masyarakat.

Materi yang dibahas dalam Musrenbangkal ini serta yang bertindak selaku unsur pimpinan musyawarah dan narasumber adalah :

A. Materi

1. Paparan Rancangan RPJMKal 2021 – 2026 oleh Carik Sidoluhur.

2. Diskusi tanya jawab dan tanggapan terkait materi dengan rancangan RPJMkal yang diselaraskan dengan visi dan misi Lurah SIdoluhur.

3. Menyepakati bersama rancangan RPJMKal 2021 - 2026

4. Melakukan Penyempurnaan terkait dengan Rancangan RPJMkal sesuai dengan saran dan masukan dari peserta musyawarah perencanaan pembangunan kalurahan.

5. Penandatanganan berita acara antara Lurah Sidoluhur, Ketua BPKal Sidoluhur dan perwakilan masyarakat yang pada kesempatan ini diwakilkan oleh Drs. Sukardi, M.Si.

B. Unsur Pimpinan Musyawarah

Pemimpin musyawarah adalah Fajar Nugroho, S.P., M.Kom (Carik Sidoluhur); Notulen : Hari Priyanto; serta Narasumber antara lain : Harso Wasono, S.I.P., MA (dari Kapanewon Godean); Hernawan Zudanto, S.E (Lurah); H. Bambang Raharjo, S.H (BPKal Sidoluhur).

Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi, selanjutnya seluruh peserta Musrenbangkal menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari Musrenbangkal dalam rangka penyusunan rancangan RPJM Kalurahan yaitu :

1. Penyusunan variabel dan lampiran RPJM sudah sesuai Peraturan Bupati Nomor 25.2 Tahun 2018

2. Sasaran dan manfaat RPJM diharapkan sesuaidengan visi misi Lurah terpilih

3. Kegiatan pada RPJM merupakan kegiatan rutin yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat

4. Pengembangan Kalurahan Sidoluhur sesuai Kawasan Strategis Cepat Tumbuh (KSCT) condong pada wisata pertanian

5. Peningkatan BUMDes diharapkan memunculkan ekonomi produktif

6. Program riil kalurahan mengikutsertakan tokoh masyarakat untuk mengawasi

7. Pemerintah Kalurahan sangat mendorong kegiatan kalurahan dengan swadaya

8. Usulan pendetailan sasaran dan manfaat ditambahkan satu kolom dengan penyelarasan misi Kalurahan

9. Perlu pendampingan dari Provinsi DIY untuk konservasi Gunung Berjo dan Gunung Buthak yang berada di wilayah sidoluhur